Friday, 13th January 2012, masih engga percaya gue, kalo kapal yang pernah gue tumpangin dulu ternyata "tumbang", pertama gue denger dari temen gue yang dulu juga di kapal ini, gue kira cuma dry dock, engga taunya beneran loh :(
Please check this link out :
Waktu kerja di kapal, gue pernah "diskusi engga penting" sesama crew, kalo kapal ini tenggelem, what should I do? Ternyata semoga orang punya pemikiran sendiri, berikut rangkuman hasil diskusi engga penting :
1. Langsung menuju ke tempat tugas untuk ngarahin orang ke sekoci (idealis tapi engga mikir prosedur)
2. Ke kamar ngambil pelampung langsung ke tempat tugas (manusiawi tapi engga mikir kerja buat nyari duit)
3. Ke kamar ngambil duit gaji baru ke tempat tugas (duniawi tapi engga mikir keselamatan)
4. Ke kamar ngambil duit gaji dan handphone baru ke tempat tugas (duniawi dan ngarep selamat tapi engga mikir keselamatan)
5. Ke kamar ngambil duit gaji, handphone dan PELAMPUNG baru ke tempat tugas >> I Like this one.
Kalo kondisi udah kayak gini, gue percaya kalo Ateis sekalipun pasti percaya TUHAN, pasti dia bakalan teriak-teriak, "Oh My GOD.....Oh My GOD..." *katanya engga percaya Tuhan :p
Back to School
Ini salah satu alesan kenapa crew yang mau kerja di kapal harus safety training dulu, as i said, Life is GREAT but Shit happens, kali ini shit happens to Costa Concordia. Kapal Costa Concordia ini jauh lebih canggih dari kapal Titanic jaman dulu tapi yang namanya human error, apa mau di kata?! tapi yang paling penting janganlah arrogant, inget ga sama quote ini, "God Himself Couldn't Sink the Titanic", buktinya?!
Semoga kejadian di kapal Costa Concordia engga terjadi di kapal pesiar yang lain dan jangan kapok untuk crew dan penumpang yang mau naik kapal pesiar, karena yang namanya kerjaan pasti ada resiko.
Dari kejadian ini, ada beberapa hal yang bisa kita jadiin pelajaran :
1. Berdoa sebelum bekerja
2. Ikutin safety rules di kapal
3. Kenalin denah kapal supaya loe tau dimana lokasi muster point / assembly point dan letak sekoci penyelamat, loe ga bisa sembarangan naik sekoci, karena udah diaturin, penumpang sisi kapal sebelah mana, naik sekoci lokasi sebelah mana.
*muster point / assembly point : tempat berkumpul yang dirasa aman, nti baru di cek sama safety officer, apakah semua orang udah ngumpul.
4. Pertama kali naik kapal pasti ada safety induction, pastiin loe ikut tuh class bukannya sibuk makan di buffet
5. Jangan panik.....walaupun kayaknya gue juga bakalan panik sih >.< tapi at least we try :)
Turut berduka cita untuk korban meninggal di Kapal Costa Concordia, semoga diterima di sisi-NYA dan ketabahan buat keluarga yang ditinggalkan. Dan misalnya nanti kapal Costa Concordia dipake berlayar lagi, jangan gangguin crew dan passenger lain ya, peace :)
Ini video waktu evakuasi malem hari (Courtesy of You Tube)
Ini video waktu udah siangnya, udah keliatan lebih jelas (Courtesy of You Tube)
kenapa sih vid tenggelem? gw males baca. hahaha
ReplyDeletetrus...ini si costa concordia cuma ada sebiji di dunia ini? jd it's exactly the same costa concordia yang lu naikin dulu? phew